Keajaiban Dunia Nanoteknologi

Aneh tetapi nyata. Ternyata nanoteknologi telah diketemukan secara tidak sadar sejak zaman Romawi kuno. Lewat teknologi tertentu mereka dapat membuat lapisan kaca berwarna kemerah-merahan dengan memakai campuran nanopartikel dari emas. Nanopartikel emas berukuran 10 nanometer dapat berubah warna dari kuning menjadi merah ruby.

Nanometer itu adalah satuan ukuran satu per sejuta millimeter atau satu per semiliar meter. Ibaratnya lebar ukuran rambut yang dibelah memanjang menjadi 100.000 jurai. Atau lebih jelas lagi, ibarat sebutir pasir dibandingkan dengan luas lapangan sepak bola. Tetapi bia lapangan sepakbola itu sendiri ibaratnya hanya seluas satu millimeter persegi.

Para Senator Romawi tua yang rambutnya sudah mulai beruban memakai cat rambut dengan campuran kristal nanopartikel timah hitam berukuran 5 nanometer sehingga rambut mereka disulap menjadi hitam legam. Nanopartikel tersebut ternyata meresap sampai ke dalam rambut dan bukan hanya sekedar polesan di atas permukaan rambut saja.

Bagaimana mereka pada 2000-an tahun yang lampau mampu memanfaatkan suatu cara yang kini dikenal sebagai nanoteknologi, belum ada seorang ahli pun yang mengetahuinya. Robert Modlin, seorang ahli dermatologi dari the University of California, Los Angeles, US, dan sejawatnya telah menemukan suatu cara pengobatan yang sangat menarik untuk dunia kosmetik. Demikian laporan mereka yang dimuat di situs Technologi.New Scientist.com. Mereka memakai campuran nanopartikel dari zat yang namanya chitosan.

Chitosan ini adalah sediaan polisakarida yang berasal dari cangkang dan kulit keras dari hewan air jenis crustaceae seperti kepiting dan udang. Mereka juga menemukan bahwa campuran tersebut bersifat antibakteri dan sekaligus dapat menjadi sarana untuk membawa zat-zat antioksidan kolagen, yang secara bersama-sama sangat efektif untuk mengobati jerawat.

Akan tiba waktunya obat-obat anti jerawat akan mengandung nanopartikel chitosan tersebut. Atau bukankah memang sudah tersedia di pasaran?

[www.kabarindonesia.com]

0 komentar: