15 Tahun WWW

CERN menempatkan piranti lunak "www" di internet 15 tahun lalu, . Ide yang berasal dari Jenewa ini berhasil membuat revolusi di dunia. Sekarang hampir tidak ada orang yang tidak mengenal "world wide web".

Jaman sekarang kemungkinan besar "www" adalah urutan huruf yang paling sering diketik di dunia. Akhir tahun 80-an di pusat penelitian nuklir Eropa, CERN, di Jenewa, ahli fisika asal Inggris, Tim Berners-Lee, dan peneliti asal Belgia, Robert Cailliau, mendapat ide untuk menciptakan jaringan informasi di seluruh dunia.

Dibutuhkan Standar Yang Sama
Saat itu internet sudah ada, dan peneliti di seluruh dunia sudah saling berhubungan melaluinya. Tetapi masih diperlukan standar yang sama. Robert Cailliau menceritakan lebih lanjut, data memang ada dan peneliti dari berbagai negara dapat membukanya. Tetapi mereka membutuhkan komputer tertentu, juga "password" tertentu. Mereka juga harus membayar iuran. Semuanya serba rumit.Saat itu, para ilmuwan menyadari tantangan yang harus dihadapi. Akhirnya mereka sepakat untuk menemukan sistem bagi tukar menukar data.

Cailliau mengatakan, mereka mempunyai ide untuk menciptakan sebuah sistem, yang melaluinya dokumen tertentu serta dokumen lain yang terkait dengannya dapat ditemukan. Tim Berners-Lee memilih internet sebagai infrastrukturnya. Internet sudah tersebar luas di lingkungan akademis di seluruh dunia. Dan nama "Worldwideweb" sudah mereka pilih, sebelum prototipe pertama mulai berfungsi.

Piranti Lunak Dirakit
Tahun 1989 Berners Lee mulai merakit piranti lunak untuk rencana tersebut. Piranti lunak itu dibuat berdasarkan "hypertext", yaitu informasi di balik tata muka sebuah situs yang tidak dapat dilihat pengguna. Tetapi dengan "hypertext" pengguna program dapat beralih dari satu teks ke teks lain, tanpa harus menggunakan perintah yang rumit. Dengan bantuan "browser", yaitu program komputer spesial untuk membuka situs internet, pengguna dapat membaca teks dan data yang disimpan di tempat penampungan data sebuah situs, yang disebut "server". Dan teks dapat dibaca, walaupun "server" berlokasi di tempat lain.

Ide-ide lain yang serupa itu ada juga, demikian Cailliau. Tetapi menurutnya, yang penting adalah penggunaan yang sederhana. Sekarang siapapun dapat dengan mudah menemukan sebuah situs. Semua orang dapat membaca semua yang diinginkan. Hanya perlu menekan tombol mouse dan semua orang segera dihubungkan dengan data yang diperlukan. Di alam semesta yang penuh dokumen, siapa saja bisa beralih dari satu dokumen ke lainnya dengan mudah.

Untuk Semua Orang
Awalnya ada juga sistem alamat yang sangat jelas. Sistem itu saat ini sudah lazim dipakai pengguna internet. Dan Berners Lee memungkinkan hal itu dengan piranti lunaknya, sehingga semua kumpulan data dapat ditempatkan di internet hanya dengan kesulitan yang minimal.

Tahun 1993, jadi tepat 15 tahun yang lalu, CERD menempatkan piranti lunak "www" di internet. Tanpa bayaran, bisa dibuka semua orang dan hanya dilengkapi tanda hak paten, supaya tidak ada orang yang menyalah-gunakan dan menuntut bayaran dari pengguna. Itu sudah bagian dari rencana.

Para penciptanya hanya menginginkan standar yang sama untuk seluruh dunia, dan kemungkinan untuk membuka internet bagi semua orang. Mereka tidak menginginkan uang. Oleh sebab itu "www" sukses dan terus digunakan. Dan dengan itu kesuksesan internet juga dimulai. (ml)

Sumber : kabarindonesia

0 komentar: