Korsel, Negara Internet Tercepat Nomor Satu

Amerika Serikat, boleh saja mengklaim sebagai negara adidaya termasuk untuk urusan teknologi. Tapi tahukah Anda jika negeri paman Sam itu hanya menempati urutan ke-28 untuk urusan kecepatan akses internet.

Laporan Communications Workers of America (CWA), mengungkapkan kecepatan akses internet di AS hanya 5,1 megabits per second (mbps) untuk kecepatan download. Kecepatan tersebut sangat jauh jika dibandingkan dengan Korea Selatan, yang memiliki kecepatan download rata-rata hingga 20,4 mbps.

AFP, Rabu (26/8/2009) melansir, Korea Selatan berada di urutan bpertama disusul Jepang dan Swedia dengan kecepatan masing-masing 15,8 mbps dan 12,8 mbps.

CWA menyatakan, tes kecepatan dilakukan oleh speedmatters.org sepanjang 2008 hingga 2009. selam kurun waktu tersebut kecepatan akses internet di AS berkisar antara 4,2 mbps hingga 5,1 mbps.

"Negara kami jauh berada di belakang negara lainnya untuk urusan keepatan internet, Masyarakat di jepang mampu mengunggah video kualitas tinggi dalam waktu 12 menit sedangkan di AS butuh rata-rata 2,5 jam," tulis laporan CWA.

CWA juga melaporkan, kecepatan akses internet di AS, sangat berbeda-beda. Wilayah AS yang memiliki kecepatan akses tercepat diantaranya adalah wilayah Alaska, Idaho, Montana dan Wyoming.

Saat ini, untuk penetrasai broadband AS terhitung ke dalam 20 besar negara dengan penetrasi terbesar. Sementara itu Korea Selatan, Singapura, Belanda, Denmark dan Taiwan merupakan negara dengan penetrasi broadband dan akses internet yang cukup cepat. (srn)

sumber : okezone

0 komentar: