UGM Temukan Alat Rontgen Tanpa Film

Grup Riset Fisika Citra (GRFC), Jurusan Fisika, Fakultas MIPA, Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, menemukan alat radiografi digital.

Temuan ini sudah mendapatkan hak paten dari Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (Dirjen HKI) Departemen Hukum dan HAM pada 19 Oktober 2009 dengan nomor P00200500737. Tim riset ini terdiri dari empat peneliti FMIPA yaitu Gede Bayu Suparta, IK Swakarma, I Putu Dharmayasa, serta I wayan Sudirata. Pengembangan alat itu melalui penambahan beberapa komponen peralatan radiografi yaitu pada generator sinar x, pengubah gambar, serta pada sistem komputerisasinya.

”Sebelumnya alat radiografi yang kita kenal dalam dunia medis untuk rontgen menggunakan film dan harganya sangat mahal. Tapi, karya kami dari sisi teknologi tak menggunakan film, melainkan digital,” ujar Koordinator peneliti Gede Bayu Suparta kemarin. Dia mengatakan, harga barang tersebut di luar negeri mencapai Rp4 miliar. Namun dengan temuan dosen UGM tersebut, harganya tak lebih dari Rp1 miliar.

”Inti dari penemuan ini adalah kami menemukan perangkat kendali sistem radiografi digital. Alat ini yang mengubah teknologi analog menjadi digital, ini satu-satunya di Indonesia,” ujarnya.

Sumber : Seputar Indonesia (4 December 2009)

0 komentar: